Kota Malang (M2KM) — Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2023, sebanyak Tiga GTK MAN 2 Kota Malang dari 57 peserta Guru Menulis dengan tema “Wujud Guru Inovatif Menulis Kreatif” hadir mengikuti Workshop Guru Menulis Ke-7 yang diadakan Malang Posco Media. Ketiga GTK Madrasah yang diberi tugas Kepala Madrasah diantaranya Sugeng Winarto, S. PdI, M. Pd, Rully Oktovibri, S. Pd, Ayu Dewi Masithoh, S. Pd mengikuti kegiatan tersebut yang digelar pada hari Sabtu (25/11/23) di Hotel The Alana Kota Malang.

Pada Workshop Guru Menulis tahun 2023 ini, Malang Posco Media menghadirkan tiga narasumber kompeten dibidangnya. Yaitu, Pertama, Sugeng Winarno Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan tema materi Menulis Opini Populer. Kedua, Pemimpin Redaksi Malang Posco Media Abdul Halim dengan tema Menulis Berita Menepis Hoaks. Dan ketiga, Ketua Komunitas Youtuber Malang Achmad Faris, dengan tema video konten sebagai media pembelajaran.

Ketiga narasumber akan sharing bersama para guru sesuai dengan tema materi masing-masing. Workshop Guru Menulis merupakan wujud komitmen Malang Posco Media dalam mengobarkan semangat literasi bersama para guru di Malang Raya.

Tema Guru Kreatif Menulis Inovatif ini diangkat untuk menyesuaikan dengan tantangan guru di era teknologi, dan bertujuan di Era revolusi industri 4.0. Era society 5.0. yang penuh dengan tantangan.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara workshop, Pemimpin Redaksi Malang Posco Media Abdul Halim mengatakan, komitmen tersebut tidak akan pernah mati. Malang Posco Media akan terus berkarya meningkatkan literasi masyarakat. Selain dengan produk berita di media massa termasuk digital, juga berupa event. Salah satunya workshop Guru Menulis. Dari event ini Malang Posco Media terus mendorong para pendidik untuk berliterasi.

Rubrik Idea yang ada di halaman Malang Posco Media akan selalu menjadi wadah mereka mempublikasikan ide-ide kreatif guru dalam bentuk artikel opini. “Jadi kami tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga menyediakan wadah untuk karya-karya mereka (peserta workshop) berupa rubrik di koran dan digital,” ucapnya.

Artinya, komunikasi dengan peserta tidak hanya sampai di kegiatan workshop. Malang Posco Media akan memberikan pendampingan sampai karya mereka layak terbit. “Paling tidak ada satu karya dari setiap peserta yang bisa terbit. Namun harapan kami, peserta aktif produktif menulis opini secara berkesinambungan supaya kemampuan literasinya berkembang,” terang dosen Jurnalistik Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Workshop Guru Menulis Ke-7 Malang Posco Media, Miftahul Huda mengatakan, workshop kali ini digelar pada tanggal 25 November. Bertepatan dengan Hari Guru. “Ini merupakan bentuk sinergi kita dengan dunia pendidikan serta apresiasi untuk para guru bertepatan pada hari ini Hari Guru Nasional,” ucap Ketua Panitia.

Sementara itu, sebanyak 57 peserta yang mengikuti acara tersebut dengan antusias mendengarkan setiap narasumber yang memberikan materinya. “Minat guru mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan terasa kurang waktunya,” kata dia.

Huda menerangkan, pada materi yang tak kalah menarik selain terkait penulisan opini dan materi penulisan berita, para peserta cukup antusias saat pembuatan materi atau media ajar berbasis digital yang disampaikan langsung pemateri dengan background YouTuber. Temanya, video konten sebagai media pembelajaran.

“Alhamdulillah, peserta dalam momentum ini banyak yang bertanya dan sharing terkait media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Karena materi tersebut sangat dibutuhkan oleh guru sebagai pengajar,” terang Huda.

(Tim Humas/MPM)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait